Tarian Mandau merupakan satu dari sekian banyak jenis tari yang lahir dari kultur Budaya masyarakat Suku Dayak di Kalimantan Tengah. Tari Mandau Suku Dayak simbolisasi dari semangat juang masyarakat Suku Dayak dalam membela harkat dan martabatnya.




Selain menggambarkan patriotisme warga Bumi Tambun Bungai untuk menjaga tanah kelahirannya, Tari Mandau Suku Dayak Kalteng juga merupakan simbolisasi keperkasaan pria Suku Dayak Kalimantan Tengah dalam menghadapi segala macam tantangan dalam aspek kehidupan.

Dalam setiap pertunjukan atau persembahan Tari Mandau diringi alunan suara kemerduan Gandang dan Garantung bertalu kencang. Harmonisasi perangkat musik tradisional tersebut memunculkan irama penuh semangat, seolah mengajak mereka yang mendengar dan menyaksikan persembahan Tari Mandau semakin bersemangat layaknya pejuang Suku Dayak yang siap terjun ke medan juang.

Tapi dizaman sekarang masyarakat sudah mengikuti perkembangan zaman dan mulai melupakan Tari Mandau. Karena Tarian modern lebih keren, padahal kita harus melestarikan budaya Tradisional sehingga tarian dapat terus diingat sampai anak, cucu kita nanti.

Masih ada sebagian pelajar yang bisa menarikan Tari Mandau tersebut, dan kita berharap Tari Mandau tidak akan terlupakan.



6 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal. :)
betul sekali budaya harus diperkembang biakkan di generasi muda..

prosez mengatakan...

semoga bisa terus diperhatikan, supaya tidak menimbulkan konflik seperti yang sudah-sudah.

Unknown mengatakan...

semoga terus dilestarikan tari mandau
#Kang Nemo

Anonim mengatakan...

mampir..

Unknown mengatakan...

wah bagus nih infonya, eh gan di follback ea bloggnya,. salam blogger www.endenbaim.blogspot.com

Luhur Fatah mengatakan...

Lestarikan budaya indonesia..!!!!
By : Luhurfatah10 Blogz

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Borneo Of The History